Gambar: Ikan Goreng


Tadi ketika saya lagi asik-asiknya makan lalu tiba-tiba dalam benak saya terlintas tentang lauk yang saya makan, seperti foto diatas, saya merasa kasian dengan ikan yang saya makan bayangkan saya dia punya keluarga yang menantikan saat-saat berkumpul dengan mereka namun ada yang kurang dengan anggota keluarganya tersebut tentunya itu akan membawa kesedihan bagi keluarga ikan tersebut.

Saya kepikiran seperti itu, seandainya posisi saya di tukar dengan ikan tersebut, tentunya keluarga saya merasa bersedih tentang ketidak hadiran saya, saat-saat berkumpul dengan keluarga tiba-tiba saja tidak berkumpul tentunya itu juga akan membawa kesedihan bagi anggota keluarga.

Saya juga memikirkan ikan yang sedang bertelur kebetulan tadi ada dua ekor ikan yang sedang bertelur, tentunya ini menyedihkan sekali, karena telur-telur tersebut belum merasakan menjadi ikan, dan bagi ikan-ikan kecil, ini diumpamakan seperti anak-anak yang masih kecil belum dewasa namun sudah meninggal tentunya kita akan merasakan kesedihan tersebut.

Namun itu semua sepertinya sudah menjadi rantai makanan bagi kita, dan saya juga selalu ingat dengan pepatah "kita bertahan hidup, karena kita mengambil kehidupan yang lain'.

Pemikiran saya diatas bagi anda mungkin sangat mengelikan namun terkadang itu selalu membuat saya berpikir tentang hewan-hewan yang tidak berdaya namun di bunuh oleh kita karna alasan tertentu, tapi saya juga berpikir kalau mereka hidup tentunya ada maksud tersendiri demi kehidupan kita.

Comments