Tips Biar Aman Finasial Di Usia Tua

Ilustrasi (sumber:kreditgogo.com)

Bagi kamu yang saat ini lagi produktif, dan memiliki perkerjaan yang menghasilkan uang lumayan besar. Mulai saat ini mulailah sadar kalau kamu tidak selamanya harus bergantung 100% dari gaji yang kamu peroleh setiap bulannya.


Cobalah untuk saat ini, kamu mulai belajar berinvestasi atau membuka bisnis sesuai dengan fasion yang kamu milik. Jangan menghabiskan gajimu setiap bulan demi menutupi gaya hidupmu atau memiliki kredit karena menganggap saat ini gajimu cukup besar sehingga gaji yang kamu miliki habis setiap bulannya untuk gaya hidup dan cicilan.

Situasi perkerjaan yang saat ini sedang kamu miliki, seharusnya kamu mulai belajar bagaimana menginvstasikan uang yang kamu dapatkan dalam berkerja, saat ini kamu harus mempelajari atau belajar sesuatu yang kamu sukai sehingga menjadi bekal kamu untuk berinvestasi atau membuka usaha baru ketika kamu sudah jenuh dengan perkejaan saat ini atau suatu saat kamu diberhentikan dari perkerjaan.

Oleh sebab itu kamu harus mengalokasikan keuanganmu dari saat ini, jika itu sudah kamu lakukan selama ini berarti kamu sudah dalam jalur yang tepat untuk mempersiapkan masa tuamu tanpa kuwatir atas kebutuhan hidupmu kelak, kurangilah hidupmu yang mementingkan gaya saat ini usahakan untuk mempersiapkan masa tuamu, karena anak yang kita miliki bukan untuk tabungan kita saja (sebenarnya penulis tidak memiliki anak). 

Tapi kita harus bisa membangun keamanan finansial secara pribdai, jangan terlalu berharap dengan uang pensiunanmu kelak, alokasikanlah gaji mu untuk di investasikan paling tidak 10% dari gaji mu, tabungan dengan investasi itu beda, kalau tabungan bisa kita ambil saat kita sangat perlu atau ingin membeli sesuatu yang kita inginkan. 

Sedangkan investasi bisa juga kita anggap tabungan dalam jangka waktu yang relative lama dan mengharapkan pertumbuhan nilai uang yang kita milik tapi kalau kamu memili waktu yang bisa kamu bagi kamu bisa dengan membuka bisnis kecil-kecilan untuk menambah uang tabungan dan investasimu.

Semoga saran ini bermanfaat. Terimakasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini, meskipun tulisann ini tidak tertata dengan baik dari segi bahasanya.

Comments