Kejar Deviden atau Kejar Kapital Gain ?

Sumber Gambar: jurnalmanajemen.com
Yang baru di dunia saham pasti merasa binggung antara mengejar deviden atau mengejar capital gain, atau ingin kedua-duanya.


Deviden merupakan pembagian keuntungan bagi semua pemegang saham perusahaan tersebut. Sedangkan capital gain merupakan selisi kita membeli dan menjual saham yang kita miliki. Misalnya kita memiliki saham ABCD kita beli saat ini di harga Rp.2,000/lembarnya, kemudian beberapa hari atau minggu saham yang kita beli mengalami kenaikan misal mencapai diharga Rp.2,200/lembar lalu kita jual diharga tersebut, itu berarti kita sudah mendapatkan keuntungan perlembar sahamnya sebesar Rp.200, ini namnya capital gain.


Kalau kita mengharpkan kedua-duanya maka yang kita perhatikan adalah fundamental perusahaan tersebut, namun kalau kita hanya menginginkan capital gainnya yang kita perhatikan adalah teknikal analisis saja, untuk fundamentalnya bisa kita kesampingkan.


Tapi saran saya harus tetap memperhatikan fundamental perusahaannya supaya kalau kita ingin nambah kepemilikan sahamnya kita tidak ragu-ragu, untuk yang tidak memperhatikan fundamental perusahaanya harus menerapkan money management yang baik, supaya kalau harga sahamnya turun kita bisa cepat keluar dari saham tersebut sehingga meminilisir kerugian yang kita alami.


Saran Dari Saya


Kita jangan hanya mengejar deviden yang ingin dibagikan bagi pemegang saham, karena sering kali kita bisa terjebak dengan deviden trap, karena ketika di exdate harganya bisa turun dalam dan melampaui besaran deviden yang dibagikan kepada pemegang saham, sehingga keuntugan dari pembagian deviden tidak ada artinya sama sekali bahkan menimbulkan kerugian bagi kita, oleh sebab itu kita jangan tergiur dengan besarnya deviden yang dibagikan.


Saya pernah mengalaminya, tapi bukan karena deviden trap, ini kaitanya dengan harga sahamnya sengaja dibuat rendah oleh orang-orang yang memilik saham tersebut, karena saham ini tidak liquit alias sepi transaksi di saham ini, tiap tahun bagi deviden tapi harga sahamnya mengalami penurunan terus.


Oleh sebab itu kita harus cari saham yang bisa mendapatkan capital gain dan deviden, saya rasa ini tidak sulit kita temui, apalagi sekarang ini banyak saham yang terdiskon karena sedang dilanda covid-19, saat-saat seperti inilah kita harus berani membeli saham-saham perusahaan yang bagus di harga diskon saat ini, tunggu bebearapa tahun maka uang kita akan berkembang.

Comments