Menabung Pangkal Kaya “Pepatah Yang Menyesatkan”



Sejak kecil kalian pasti sudah familier dengan pepatah diatas, entah itu kalian dapatkan dari orang tua kalian atau pun guru kalian dan sejak dahulu sebelum kalian lahir pepatah tersebut pun sering digaunkan oleh orang-orang tua kepada anaknya supaya si anak bisa menabung.


Tapi tahukah kalian kalau pepatah tersebut sebenarnya keliru, karena tidak ada orang bisa kaya karena menabung, karena tabungan tersebut lama kelamaan akan menurun nilainya atau istilahnya termakan inflasi, pepatah tersebut sebenarnya untuk menyemagati anaknya supaya bisa menabung. 


Karena diberi petuah atau impian ‘jika menabung akan kaya’, tapi kenyataanya itu tidak bisa. Yang bisa membuat kita kaya, ya berusaha ataupun berkerja, berusaha disini bisa dalam bentuk membuka usaha, tapi ingat resikonya juga tinggi, berkerja juga bisa membuat kita kaya asalkan memiliki gaji yang besar. 

Pepatah ‘menabung pangkal kaya’ sebenarnya bertujuan supaya menyiapkan diri kita dalam hal keuangan, ketika kita sedang menghadapi kesulitan keuangan bisa kita selesaikan karena kita memiliki tabungan, jadi tidak berhutang sana-sini karena kita memiliki tabungan, dengan tabungan yang kita miliki kita juga bisa memenuhi keinginan kita yang tertunda atau barang yang sudah lama kita idamkan. 

Tapi ingant tabungan yang kita miliki bukan untuk dihabiskan, ketika tabungan tersebut sudah digunakan usahakan untuk mengganti lagi dan jangan pernah menceritakan nominal tabunganmu biar pun kepada orang terdekat mu atau orang yang kamu cintai, karena itu sifatnya privasi. 

Apapun jenis tabungannya itu tidak akan membuat kita cepat kaya raya, kecuali kamu menabung di saham kemungkinan tabunganmu bisa berlipat ganda atau tabunganmu bisa hilang tergantung harga saham, dan tergantung saham yang kamu beli, kalau mau menabung saham pilihlah saham yang memiliki fundamental yang bagus bukan karena murah per lembarnya tapi lihatlah fundamental perusahaan tersebut. 

Kesimpulanya jangan mudah termakan dengan pepatah Menabung Pangkal Kaya

Comments