Kepanikan Pasar Saham dan Ekonomi Dunia

Sumber Gambar: tirto.id

Beberapa hari ini dunia saham mengalami guncangan cukup hebat, banyak investor memilih instrument investasi yang relative aman dan memilih untuk memegang cast. Banyak investor pastinya mengalami kerugian yang cukup dalam akibat penurnan harga saham di banyak negera, tidak terkecuali Indonesia.


Hal ini dipicu atas makin menyebarnya virus COVID-19 diseluruh dunia, banyak investor merasa kwhatir atas merebaknya virus tersebut dan memilih untuk menjual saham yang mereka milik. Karena banyak investor berduyun-duyun menjual saham mereka dan membuat seluruh saham terjun bebas. 

Tidak hanya di dunia saham, ekonomi dunia pun mengalami gonjangan, karena peryebaran COVID-19 telah banyak memakan korban serta penyebarannya makin meluas. Hal ini membuat ekonomi mengalammi kemandekan, kemana-mana orang merasa kwhatir mengena masalah tersebut. 

Banyak para ahli ekonomi memprediksi kalau ekonomi dunia akan masuk ke resesi ekonomi karena penyebaran virus ini, bayak perjanjian bisnis dibatalkan karenan takut persebaran COVID-19, apalagi Cina sebagai salah satu perekonomian dunia terbesar yang kena dampak utama dari virus tersebut akan mengalami permasalahan ekonomi, karena orang menjadi takut untuk melakukan pengiriman barang maupun menerima barang dari Cina, ini tidak bak bagi Negara-negara yang terkantungan kepada Cina hal ini akan membuat ekonomi mereka ikut tergangu juga. 

Semua elemen masyarakat dunia berusaha sekeras mungkin untuk menghentikan persebaran virus tersebut dan mencari obat penawarnya, semoga penyebaran virus ini cepat diatasan. Meskipun sudah diatasi pastinya nanti ekonomi dunia akan tidak cepat pulih karena efek dari persebaran virus ini.

Comments