Aset Menurun

Pergerakan ihsg

Sudah hampir 3 bulan ases saya di saham mengalami penurunan yang lumayan tajam, ini semua tidak lepas dari fenomena saat ini yang berkaitan dengan penyebaran COVID-19 banyak para investor dan trader mengalami kepanikan oleh persebaran virus tersebut.


Hal ini menganggu perekonomian dunia secara keseluruhan, dan berdampak terhada pasar ke uangan dan pastinya tidak luput juga dunia saham. Ada yang mengalami kepanikan dengan cara menjual saham yang dia miliki ke asset-aset yang menurut dia aman, ada juga yang memilih memegang uang cast untuk membeli saham diharga yang relative murah. 

Kalau saya pribadi lebih mendiamkan saja saham yang sedang saya pegang karena toh ini juga uang dinggin, dalam artian tidak saya gunakan dalam waktu yang relative singkat tapi digunakan dikemudian hari, untuk sebagian saya mulai memilih instrument investasi yang lebih aman, dan membeli saham jika keadaan sudah mulai membaik. 

Kejadian-kejadian berlakangan ini berkaitan dengan portofolio, dimana awal tahun ini rencana saya untuk menikah buyer, untuk kejadiannya tidak akan saya tuliskan disini. Mungkin dari kejadia tersebut untuk antisipasi kejadiaan saat ini, sehingga tidak membuat saya makin pusing memikirkannya dan menurut saya pribadi hal tersebut merupakan rencana Tuhan, jadi mulai mensyukuri kejadian-kejadian yang telah dirasakan belakanagan ini. 

Secara pribadi asset saya kemungkinan dikemudian hari akan berbalik arah, toh saham-saham yang saya meiliki saat ini sebenarnya memiliki fundamental yang baik, jadi saya tidak ragu untuk mendekap saham tersebut, dan semoga saja dunia investasi di Indonesia semakin membaik, karena kasus Jiwasaraya, Asabri dan Minapadi mempengaruh pergerakan saham di Indonesia, meskipun kalau dilihat secara keseluruahan sebenarnya pengaruhnya kecil sekali

Comments