Meningkatkan Minat Baca Siswa

Pernahkah kalian mengalami penurunan dalam hal keinginan kalian dalam membaca ?
dan sudah tahu penyebabnya apa ? Jika kalian orang tua atau pun sebagai pendidik, sudah semestinya kita meningkatkan minat baca anak-anak kita, karena dengan tingginya minat baca mereka akan berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan mereka.
Sumber: https://www.hipwee.com/list/menjadikan-membaca-sebagai-kebutuhan-hidup/
Namun sering kali kita tidak pedulu terhadap rendahnya minta baca tersebut. Minat adalah sebuah dorongan yang berasal dari diri seseorang sehingga ia mau atau pun merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu.

Bagaimana kita meningkatkan minat seseorang ? 

Hal ini memang tidak mudah dikarenakan kita harus tahu dia tertarikanya pada dan bidang apa. Hal ini yang pertama-tama yang harus kita ketahaui sebelum mengajak seseorang untuk mendalami atau melakukan sebuah tindakan. 
Keterkaitannya dengan membaca kita perlu menumbuhkan kebiasaan membaca pada diri kita, anak-anak kita maupun orang-orang disekitar kita. Dengan tingginya minat baca akan mempengarui wawasan dan cara pandang seseorang sehingga dapat memunculkan berbagai macam inovasi yang dapat meningkatkan tarap dan kualitas diri kita dan orang-orang sekitar kita. 

Meningkatkan minat baca memang tidak mudah, perlu latihan dan pembiasaan yang relatif lama, karena dari kebiasan-kebiasaan yang kita bentuk akan membentuk karakter kita. Alangkah baiknya bagi kita yang telah memiliki anak memberikan contoh teladan membaca sejak dini, dengan pemberian contoh tersebut akan mereka turuti juga karena melihat kita membaca, mereka akan tertarik dengan apa yang kita baca. Tinggkat membaca seharusnya sudah ditanamkan dari dalam keluarga tampa harus menungu mereka sekolah dulu atau disarkan oleh orang lain.

Comments