Wednesday, May 27, 2015

Peningkatan Kualitas Pendidikan Indonesia


Belakangan ini saya merasa jengah melihat situasi pendidikan di daerah saya, dimana orang tua tidak begitu sadar akan pentingnya pendidikan dan kualitas pendidikan anaknya, setali seuang pemerintah daerah pun cuma hanya mengejar kuantitas yang sekolah sehingga melupakan dan mengkesampingkan kualitas pendidikan, siswa harus naik apa pun yang terjadi dengan siswa tersebut entah itu dia jarang sekolah atau pun tidak mampu mengikuti mata pelajaran tertentu. Kepala sekolah ditekan sedemikian rupa dan menjadi kendaraan politik pemerintahan yang berkuasa dan kepala sekolah pun takut karena takut kehilangan jabatan dan malu.
Mungkin ini tidak cuma terjadi di daerah saya dan bisa saja ini terjadi di daerah lain juga. Mereka lebih mengutamakan kuantitas dari pada kualitas pendidikan, padahal yang diutamakan adalah kualitas dari pendidikan tersebut.
Karena di tuntu mengejar kuantitas lulusan mau mau tak mau membuat guru ada yang merasa terpaksa memberikan nilai yang seharusnya tidak didapatkan siswa tertentu karena diharuskan bukan dilihat dari kemampuan siswa yang bersangkutan, orang tua maupun siswa sendiri ada yang berpikiran udah cukup kalau mereka bisa membaca, berhitung atau pun menulis, proses penilaian yang tidak objektif tersebut membuat guru ada tidak begitu semangat dalam hal penyampaian maupun penilaian terhadap hasil belajar siswanya karena mereka beralasan toh akan dibantu juga nantinya, atau dituntaskan hasil belajarnya.
Bagaimana dengan Siswanya sendiri ?
Siswanya juga seperti itu mereka belajar ala kadarnya apalagi yang dipelosok desa, mungkin disebabkan motivasi mereka untuk berprestasi rendah, apalagi tidak mendapatkan perhatian orang tua mereka. Mereka juga merasa toh akan naik asalkan sering masuk, meskipun mereka tidak tahu apa sebenarnya yang telah dipelajari.
Kalau seperti ini terus pendidikan dinegeri kita ini, membuat negeri ini tidak akan cepat maju, karena orang-orang yang terlibat di dunia pendidikan tersebut tidak menghiraukan kualitas pendidikan yang ada.
Marilah kita mewujudkan pendidikan yang berkualitas bukan pendidikan yang hanya mengejar kuantitas, karena dari kualias tersebut akan tercipta manusia-manusia yang inovatif dan kreatif yang efeknya juga akan memajukan daerah tersebut sampai memajukan negara tersebut.

0 komentar:

Post a Comment