Motivasi Belajar Siswa

Ada beberapa hal yang mempengaruhi motivasi perserta didik untuk belajar. dari motivasi belajar seorang perserta didik akan menentukan prestasi perserta didik tersebut dibidang akademik, entah itu dalam tingkatan kelas, sekolah, ataupun antara sekolah sampai ketingkat yang lebih tinggi.

Adapun motivasi belajar tersebut diantaranya:
Dari Dalam Diri Perserta Didik
Dalam diri perserta didik ini bermacam-macan motivasi, diantaranya karena keinginan mengaktualisasikan diri, untuk mencapai prestasi yang lebih baik, keingin tahuan perserta didik terhadap materi pelajaran tertentu, sampai ketingkat persaingan diantara perserta didik dibidang akademik.
Ketertarikan Perserta Didik terhadap Pelajaran
Ketertarikan ini membuat seorang siswa dengan giat belajar karena rasa ingin tahunya terhadap materi yang sedang dia pelajari, dan kemudian dia mengembangkanya sendiri. tidak semua perserta didik mempunyai motivasi seperti ini.
Dorongan Orang Tua
Dorongan orang tua ini bermacam-macam, ada yang di iming-imingi barang-barang tertentu, entah itu berupa gatged, kendaraan, jalan-jalan maupun masuk keperguruan tinggi ternama. ada juga perserta didik termotivasi belajar karena melihat keadaan keluarganya, dan untuk merubah keadaan yang sedang dialami oleh keluarganya membuat dirinya termotivasi untuk belajar lebih giat, sehingga bisa berprestasi. dan yang terakhir
Dorongan Dari Pihak Sekolah
Dorongan dari pihak sekolah ini bermacam-macam alasanya, ada yang berkaitan dengan peringkat kelas, sampai kepada pegiriman perserta didik yag berprestasi keajang-ajang perlombaan. ada juga sekolah mengharuskan siswa untuk mencapai nilai tertentu dan jika tidak mencapai nilai yang telah ditentukan (KKM) tersebut bisa membuat siswa tersebut harus remidi sapai ke konsekuensi tinggal Kelas.

Comments