Hal-Hal Yang Akan Kelihatan Jika Kelulusan Tidak di Tentukan Oleh Hasil UN (Ujian Nasional)

Entah sadar atau tidak, yang berkelut di dalam dunia pendidikan baik dari SD sampai ke tinggakat SMA, ada beberapa hal yang akan terkuak dalam penentuan kelulusan seorang perserta didik (siswa) jika kelulusan tidak lagi berpatokan pada nilai UN, yakni

1.Tingkat Kejujura

Tingkat kejujuran ini akan terlihat dari nilai UN yang di dapatkan, entah itu rerata nilai perserta didik di sekolah tersebut atau pun rerata nilai siswa di daerah tertentu, sebagai patokan bisa diambil dari nila tahun lalu dengan hasil UN tahun ini, apakah bertahan, meningkat atau turun tajam nilai hasil UN nya.?

Karena tahun ini kelulusan tidak lagi di lihat dari nilai UN maka kemungkinan besar rata-rata nilai perserta didik di tiap matapelajaran akan anjlok dibandingkan tahun lalu, alasannya mungkin bermacam-macam baik itu dikarenakan tidak ada motivasi lagi bagi perserta didik untuk mengejar nilai UN lebih tinggi, karena beranggapan nilai UN tidak menjadi patok kelulusan mereka, atau karena pihak sekolah tidak mengenjot belajar perserta didiknya sampai ketingkat tidak membantu mereka lagi untuk mendapatkan nilai lebih tinggi untuk perserta didiknya.

2.Beban Piskologis
Perserta didik pasti merasa beban mereka untuk bisa lulus tidak terlalu besar, dalam artian mereka tidak lagi dipusingkan dengan masalah nilai standar kelulusan UN mereka, toh mereka berpikir kelulusan berasal dari rapat dewan guru, sehingga mereka tidak merasa di pusingkan dengan nasib mereka ketika menghadapi kelulusan kelak, sekolah juga merasa tidak terbebani dengan UN kali ini karena mereka merasa kelulusan perserta didik ada ditanggan mereka sehingga mereka merasa lebih lega, tidak perlu melakukan beberapa cara agar perserta didiknya bisa lulus.

3. Nilai Perserta UN menjadi Pertanyaan
ini belaku jika nilai perserta UN disekolah maupun di daerah tertentu anjlok dari rerata yang diapatkan dibandingkan dengan tahun lalu dan sekarang.
4.Kualitas Sekolah
Dari nilai UN yang didapatkan untuk tahun ini bisa dijadikan patokan menilai kualitas tamatan maupun kualitas sekolah tersebut dalam mendidik perserta didiknya, meskipun masih ada aspek lainnya yang berupa latar belakang perserta didik, tingkat motivasi perserta didik dalam belajar, dan perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya.

5. Kualitas Sekolah
berlatar belakang poin 4 maka poin ini juga menentukan pemetaan kualitas setiap sekolah yang ada di negeri ini, karena saya yakin dengan adanya UN tapi tidak sebagai penentu utama kelulusan perserta didik maka sekolah maupun perserta didik akan mengerjakan soal UN dengan jujur meskipun masih ada yang jarang kelaknya. Dari Nilai UN yang didapatkan akan tergambar mana-mana saja sekolah yang memiliki nilai UN tertinggi.

6. Bagi Pemerintah
Mungkin tahun-tahun sebelumnya pemerintah beranggapan UN bisa di lakukan dengan bersih sedikit yang melakukan kejurangan, namun dengan UN tahun ini pemerintah bisa membuktikan laporan tersebut dengan membadingkan nilai yang di dapatkan pada UN tahun ini (Tahun 2015).
Semoga saja perdiksi saya salah dan bisa disadari oleh tiap-tiap sekolah, instansi pendidikan, sampai kepada perserta didiknya.Sekian.

Comments