Guru Itu Harus Pintar

Mengapa saya member tulisan saya ini dengan judul demikian ??, ya namanya guru kan pasti pintar, masa gurunya tidak pintar kan aneh ??
Umm, yang saya maksud pintar disini bukan hanya berkaitan dengan prestasi akademik tapi ada bagian-bagian tertentu juga harus memiliki kepintaran tersebut. berikut ini saya akan memaparkan mengenai kepintaran yang harus dimiliki seorang guru, meskipun tidak semuanya memilikinya.
Pertama
Pintar Membaca Situasi
Seorang guru harus bisa mengetahui dan memastikan waktu yang baik dari keadaan yang sedang dia hadapi, dia harus bisa mengambil keputusan berdasarkan situasi yang sedang terjadi atau yang akan terjadi dan tidak mudah terpengaruh oleh situasi yang ada, memang terkadang hal ini agak sulit karena sering kali seorang guru terseret arus situasi yang sedang terjadi.
Kedua
Pintar Menjaga Emosi
Emosi disini bukan hanya berkaitan dengan situasi marah, tapi emosi yang lebih luas, entah itu emosi yang positif contohnya tersenyum, tertawa, dan bahagia, dan situasi yang negatif contohnya, marah-marah, muka sering masam, mudah tersinggung, dan penendam. Dari sebab itu seorang guru harus bisa menahan segala emosi tersebut supaya jangan sampai dibawa keranah dunia pengajaran di dalam kelas dan seorang guru harus memiliki kemampuan dan bisa mengendalikan emosi tersebut, kalau tidak bisa silahkan belajar sedikit-demi sedikit mengenai cara mengendalikan emosi tersebut.
Ketiga
Pintar Bergaul
Seorang guru harus bisa masuk kedunia pergaulan yang berbeda dari pergaulan yang pernah dia jalani, hal ini berkaitan dengan adaptasi guru tersebut untuk bergaul, bergaul disini seorang guru harus bisa menempatkan dirinya dalam pergaulan tersebut bukan malahan terjerumus dalam pergaulan tersebut.
Ke Empat
Pintar Membaca data
Sebenarnya poin yang ini, lebih ke kemampuan akademis, tapi ada juga guru yang kurang bisa membaca data yang ada di depannya, dan tidak paham sebenarnya apa yang tersajikan dalam data tersebut.
Selain kepintaran yang saya sebutkan diatas, masih ada kepintaran yang mutlak dimiliki oleh seorang guru yakni, pintar berbicara: pastinya kan guru harus pintar bicara, bukan pintar membual, dan kepintaran akdemis lainya, entah itu paham atau mudah mengerti mengenai bacaan yang dia baca atau pun yang lainnya. Cuma itu saja yang saya tuliskan, sebenarnya masih banyak lagi, dan silahkan anda cari lagi kepintaran seperti apa yang harus dimiliki oleh seorang guru tersebut.

Comments