PANTAI PULAKI


Bukit terjal yang berbatu dan kering serta laut membentang di depannya dan bukit tidak jauh di sebelah baratnya yang berbentuk tanjung kecil. Kera-kera yang hidup di sekitar pura ini, sering berkumpul di halaman pura karena adanya makanan yang diberikan oleh para pengunjung, menambah daya tarik lingkungan pura ini. Pada daerah Bali Utara ini, wisatanya tidak berkembang dengan baik di bandingkan dengan Bali bagian selatan. Pada daerah ini, debit sungainya besar pada musim penghujan sedangkan pada musim kemarau airnya tidak ada. Bukit yang menjulang tinggi di pantai ini secara litologi tersusun oleh batuan algomerat dengan bahan dominan Vulkanik dan butirannya tidak sama besar. Kegiatan pusat vulkanisnya pada daerah tengah pulau Bali dan kelompok ini termasuk Gunung yang tua di Bali, dan menghasilkan endapan yang ada di pantai Pulaki. Pegunungan ini semakin kearah timut maka pegunungannya akan semakin muda. Disini tidak ada lahan yang datar yang menyebabkan sungai beraliran pendek, sehingga energi laut lebih dominan pada daerah ini yang berakibat pembentukan pantainya lebih kecil karena tidak ada sungai yang besar pada daerah ini dan yang paling dominan adalah abrasi pantai. Jika ada sungai yang besar maka diakan membawa material kearah laut sehingga menyebabkan pantai lebih berkembang kearah laut. Sungai-sungai yang ada pada daerah ini mengalir pada waktu hujan (debit besar) sedangkan pada musim kemarau debit airnya tidak ada. Sungai yang ada rata-rata dalam-dalam karena begitu ada hujan lebat, energi erosinya besar sehingga erosi kedasar sungiai juga kuat karena banyak membawa partikel-partikel yang bisa mengelunduk didasar sungai erosi lateral pada sungainya tidak begitu besar tapi erosi kedalam lebih banyak hal ini terjadi sepanjang pantai utara Bali oleh karena itu kondisi fisiogarafis seperti inilah yang sebetulnya penyebab pantai Utara Bali tidak berkembang. Hal-hal yang menyebabkan pantai ini tidak berkembang (segi Sosial) adalah :

1. Lahanya sempit, karena lahan sempit maka pertanianya jarang yang menyebabkan orang-orang jarang pada daerah ini

2. Topografinya kasar-kasar (lereng-lerengnya) sehingga untuk bercocok tanam tidak bisa

Dengan lahan yang tidak ada dan kondisi topografi yang kasar ini, penyebab orang-orang jarang (bahkan tidak ada yang bertempat tinggal pada daerah ini), jika orang tidak ada disini maka interaksi sosial pun akan jarang kalau interaksi sosial jarang maka perubahan-perubahan sosial pun sangat lamabat.

Dengan catatan : Pantai utara Bali biasa-biasa saja tidak mempunyai keistimewaan tertentu, pada pantai ini daya tarik wisatanya tidak ada, potensi dibidang pertanian juga tidak ada



Comments