Sunday, June 6, 2010

Model Pendekatan Belajar Bernuansa Konstrukitf

Reading Guide (Penuntun Bacaan)
Contoh dalam arikel ini di tulis Oleh M. Nur Rakhman

  • Tentukan bacaan yang akan dipelajari
  • Buat pertanya-pertanyaak yang akan dijawab atau kisi-kisi untuk mengerjakan permasalahan berdasarkan bajaan yang telah ditentukan
  • Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisi yang telah disiapkan para perserta didik
  • Tugas para perserta didik, mempelajari pelajaran dengan jawaban pertanya-pertanyaan atau memecahkan permasalahan berdasarkan kisi-kisi yang ada. Kegiatan menjawab pertanya atau atau kisi-kisi bisa secara individu, atau kelompok. Batasi aktivitas para peserta didik, sehingga tidak memakan waktu yang berlebih.
  • Bahaslah bersama contoh jawaban atau perkerjaan dari peserta didik. Berikan ulasan dan kesimpulan
Catatan :
Topik untuk satu pertemuan dapat dibagi menjadi beberapa bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisi masing-masing.

Aktive Debate
  • Kembangakan sebuah pertanyaan yang terkait dengan persoalan kontroversional yang berhubungan dengan topik pembelajaran.
  • Bagi kelas kedalam dua kelompok. Kelompok yang pro dan kelompok yang kontra
  • Masing-masing kelompok yang pro dan kontra membentuk sub kelompok antara 2-3 sub kelompok (mengembangkan dan merumuskan argumen-argumen untuk mendukung kelompoknya).
  • Setiap sub kelompok menunjuk satu orang untuk menjadi juru bicara masing-masing
  • siapkan didepan kelas 2-4 kursi (sesuai jumlah sub kelompok) untuk masing-masing kelompok. Masing-masing juru bicara menempati kursi yang ada didepan kelas. Peserta didik yang lain duduk di belakang masing-masing juru bicaranya (bisa dimodifikasi).
  • Mulailah debat dengan menampilkan juru bicara secara bergantian antara yang pro dan yang kontra dengan argumen maasing-masing.
  • Berikut masing-masing kelompok/ Sub kelompok mempersiapkan dan menyampaikan bantahan dan argumen berikutnya. Demikian terus dilakukan sampai dianggap waktu cukup.
  • Setelah selesai para perserta didik kembali pada posisi kelas
  • Refleksi (Bisa Oleh siswa atau Guru).
Catatan :
  1. dalam Debat tidak perlu menentukan kelompok mana yang menag dan benar, kelompok mana yang kalah dan salah
  2. sebagai variasi disamping 2-4 kursi untuk masing-masing kelompok tambahan satu kursi kosong, untuk menyediakan siapa ingin bicara
  3. Usahakan bisa diiringi tepuk tangan.
Learnig Star With A Question
  • Pilih bahan bacaan atau teks yg sesuai dengan topik, bagikan kepada peserta didik. Bacaan tidak harus dibuat atau di copy kemudian bagikan pada peserta didik, tetapi tidak dilakukan dengan memilih bab atau pada buku pelajaran yang sudah ada.
  • Peserta didik diminta untuk mempelajari bacaan tadi secara sendirian atau berpasangan.
  • Peserta didik diminta untuk memberikan tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami atau ada hal-hal yang perlu dibahas. Jika waktu memungkinkan, beberapa perserta didik atau pasangan-pasangan tadi digabungkan sehingga menjadi pasangan/ kelompok baru. Kelompok baru ini diminta untuk membahas poin-poin yang tidak dipahami yang sudah diberikan tanda masing-masing peserta didik/ pasangan, dan kemudian, merumuskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca dan belum dipahami tadi.
  • Kumpulakan pertanyaan-pertanyaan dari masing-masing kelompok.
  • Guru bisa membahas bersama-sama perserta didik pertanyaan-pertanyaan yang terkumpul, atau kalau waktu memungkinkan pertanyaan-pertanyaan darimasing-masing kelompok, dengan cara silang (kelompok akan menerimapertanyaan yang dirumuskan kelompok lain), dan masing-masing kelompok menjawab atau memecahkan pertanyaan-pertanyaan yang diterima. Masing-masing kelompok bisa berkerja dikelas, bisa diperpustakaan dengan bahan bacaan yang tersedia.
  • Peserta didik kembali pada posisi masing-masing kelompok untuk menyampaikan jawaban-jawabannya atas pertanyaan yang diterima.
  • Kelompok lain bisa menambahkan, dan guru memberikan omentar akhir.
Catatan :
Kalau pertanyaan-pertanyaan tadi dibahas bersama-sama antara guru dan peserta didik, langkah kegiatan butir 5, ditiadakan dan guru cukup memberikan ulasan.

Kuis
Buat kartu dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainya yang mengarah pada jawaban (istiah) pada kartu yang ingin ditebak.
(dapat dimodifikasi siswa yang membuat kuis)
Langkah-langkah :
Jelaskan TPK atau materi kurang lebi 20 metitan
Baca kartu.
Contoh Kartu (untuk Quis Siapa Aku)
  • Aku adalah kerajaan terbesar Nusantara
  • Aku adalah Kerajaan bercorak Hindu
  • Aku memiliki mahapatih Yang terkenal yaitu Gadjah Mada
NAH......Siapa.......AKU INI ?

0 komentar:

Post a Comment